Halaman

Senin, 06 Desember 2010

Makalah manajemen penjualan


MAKALAH
MANAJEMEN PENJUALAN












 








Pembimbing : Nuvia insyaf friastuti SE
Oleh :
Fadli Fauzi

MA NURUL HUDA
2010/2011
DAFTAR ISI














BAB  l
I Kata pengantar
BAB  ll
I Pendahuluan
A.    Latar belakang
B.     Manfaat dantujuan
C.     Vsi dan misi
lll. Isi
a.     Sejarah perusahaan gagak hitam
b.     Penertian manajemen
c.      Ciri-ciri kegiatan manajemen
d.     Sejarah manajemen ilmia
e.     Tingkat-tingkat manajemen
f.       Prinsip-prinsip dan fungsi manajenen
g.     Manajemen penjualan (Sales management)
h.     Tujuan
i.        Pengertian manajemen penjualan
lV  Permasalahan pembahasan
V   Penutup kesimpulan
Vl  Dokumintasi
Vll Daftar pustaka




















BAB l

Pundahuluan

A.        Latar belakang
            Dalam mempelajari ekonomi manajemen. Banyak hal yang harus kita pelajari di antaranya manajemen penjualan (Sales man), karna pempelajari manajemen penjualan kita dapat mengetahui barang yang kita produksi banyak hasilnya karena dala manajemen penjualan kita harus mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya dengan adanya kegiatan PPL ini semua siswa/siswi bias terujut langsung kelapangan dan dengan kegiatan ini pula siswa/siswi bias menamba pengetahuandan wawasan.
B.        Manfaat dan tujuan
                  Dengan terlaksananya PPL banyak manfaat yang bias kita ambil diantaranya adalah untuk menambah, wawasan dan pengalaman sehingga dengan pengetahuan uang kita dapat itu bias menjadi sebuah magnet untuk melangkahkan kaki kita kedepan.
C.        Visi dan Misi
            Untuk mengetahui dan mempelajari secara langsung tentang manajemen badan usaha.
            Untuk meningkatkan kreatifitas siswa dalam mengembangkan wawasannya.     




















BAB II

A.    Sejarah Perusahaan Gagak Hitam
            Perusahaan Gagak Hitam berdiri pada tanggal 16 Desenber 2004 pendiri pertama adalah P.H. Wasil Bellaulah seorang pahlawan bagi perusahaan Gagak Hitam, perusahaan ini di beri nama Gagak Hitam karena pada masa kecilnya P.H Wasil Bellaulah punya beberapa sahabat dan kemudian mereka member nama group mereka dengan Gagak Hitam sebagai tanda keakrabatan mereka.
            Pada awalnya P.H. Wasil bermodal 20 juta untuk mendirikan perusahaan Gagak Hitam dan uang itu, merupakan uang pribadinya dengan uang itulah kesuksesan yang luar biasa, dan perharinya dapat menghasilkan 150 juta di pemasaran menghasilkan 200 bal perhari, mulai sari awal sampai sekarang pendapatannya sudah mencapai 20 m.
            Seorang karyawan di gaji menurut kapasitasnya jika kapasitasnya tinggi maka gajinya juga tinggi dan begitu pula sebaliknya.
            Pada awalnya karyawan di perusahaan Gagak Hitam berjumlah 8 orang hingga perusahaan ini mencapai kesuksesan dengan karyawan 1200. Orang system perusahaan ini pada tuhun pertama memakai sepeda dan kanvas dan pada tahun yang selanjutnya memakai droping.
B.     Pengertian manajemen    
Men henry fayol
Manajemen adalah proses merencanakan, mengorganisasikan, memimpin mengendalikan kegiatan serta proses penggunaan sumberdaya  alam rangka mencapai tujuan.
Men. G.R terry
Manajenemen adalah proses tertentu yang terdiri atas kegiatan merencanakann, mengorganisasiksan, memimpin, mengendalikan, kegiatan serta proses penggunaan serta sumber daya dalam langka mencapai tujuan.
G.R.terry
Manjemen adalah sebagai proses tertentu yang terdiri atas kegiatan merencanakan, mengorganisasikan, menggerakkan sumber daya manusia, dan mengadakan pengedalian dalam rangka mencapai tujuan.



Brs.M.Manulang
Manajemen adalah seni dari ilmu pencatatan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan, pengawasan atau pengontrolan tenege manusia untuk mencapai tujuan yang telah di tetapkan terlebih dahulu.
Oey Liang lee   
Manjemen adalah seni dari ilmu perencanan, pengorganisasian, pengarahan, pengoorganisasian dan pengawasan tenaga manusia dengan bantuan yang lain untuk mencapai tujuan yang telah di tetapkan.
Prof.dr.sondung p.slagian M.P.A.Ph.D
Manajemen adalah kemampuan dan keterampilan untuk memperoleh suatu hasil dalam rangka pencapaian tujuan yang telah di tetapkan.
John D. Millet
 manajemen adalah satu kesatuan atau proses memberikan petunjuk atau arahan pekerjaan kepada orang lain dalam satu wadah atau organisai guna mencapai tujuan.
Men Karoid Koonta dan Cyriil O Donnell
manajemen adalah suatu mencapai tujuan dengan sumber daya manusia yang ada.
C.      Ciri kegiatan menejemen antara lain :
1.     Berusaha untuk mencapai tujuan yang telah di tetapkan terlebih dahulu.
2.     Merupakan keterkaitan antara ilmu pengetahuan dan seni.
3.     Merupakan kerjasama sekelompok orang
4.     Dilakukan secara sistematis, terpadu, terkontrol dan konsisten.
5.     Adanya pembagian kerja secara jelas dan tegas.                               
D.      Sejarah manajemen ilmiah
1.     Teori manajemen klasik (1860-1910)
a.     Roger owen (1711_1860)
Sebagai manajer pabrik di new lanarik, scotlandia, rogert owen menekankan pada pentingnya unsure manusia dalam kegiatan produksi.
b.     Charles Bagbage (1784-1871)
Professor matematika dari inggris ini berpendapat bahwa penerapan prinsip-prinsip ilmia dalam proses kerja akan meningkatkan prokduktivitas dan menurunkan biaya.

                                                           
E.     Tingkat-tingkat manajemen
  Menurut tingkatnya, manajer dapat dibedakan menjadi 3 golongan yaitu :
1.     Manajer tingkat atas
Manajer tingkat atas disebut juga top manajement. Manajement tingkat atas ini berada pada struktur perusahaan besar pada kelompok atas yang biasa dikenal dengan sebutan dewan direksi .                          
2.     Manajer tingkat bawah
3.     Manajer tingkat bawa                                            
F.  Prinsip dan fungsi manajer
1.     George R. terry
     George R. terry menjelaskan fungsi fungsi manajer dalam rumus POAC yaitu :
a.     Planning atau perencanaan.
b.     Organanisasi atau pngorganisasian.
c.      Actuating atau pelaksanaan tugas.
d.     Controlling atau pengawasan .
2.     Lowwis allen
Lowwis allen menjelaskan fungsi fungsi manajer dalam rumus IPOC, yaitu :
a.     Leading atau pengambilan keputusan.
b.     Planning atau perencanaan.
c.      Organizing atau pengorganisasian.
d.     Controlling atau pengawasan .
3.     Koontz dan Cyriil o’donnnel
Koontz dan Cyriil o’donnnel menjelaskan fungsi fungsi manajer dalam rumus PSADC, Yaitu :
a.     Planning atau perencanaan.
b.     Staffing atau penempatan/pembagian tenaga kerja.
c.      Actuating atau pelaksanaan tugas.
d.     Diricting atau member bimbingan/perintah.
e.     Controlling atau pengasan
G.  Manajemen penjualan (sales manajemen)
     Kegiatan management pejuala berupaya melakukan penjualan sebanyan 20 x dan medapat ke untungan yang sebesar 100x.
Upaya yang dilakukan manajemen penjualan adalah :
1.     Bemberikan potongan harga
2.     Mengadakan udian berhadia pecara berkala.
3.     Memberikan hadiah seca langsung pada konsumin,
4.     Mengadakan promusi atau sebagai seponsor suatu kegiatan
H. Tujuan
              Consumin sales promotion (promosi penjualan),
·        Definisi promoso penjualan
          Sales promotion merupakan suatu bujukan langsu yang menawarkan inseftif/nilai lebih untuk suatu produk pada sales force, distributor/konsumin langsung dengan tujuan untuk yaitu menciptakan penjualan yang segera di laksanakan.
          Definisi promosi penjualan men institusi of  sales promotion in englan:
Promosi penjualan terdiri dari serangkaian teknik yang digunakanuntuk menciptakan saran-saran penjualan/pemasaran dengan menggunakan biaya yang efektif.
          Fungsi apa yang dapat dilakukan oleh produ atau jasa tersebut, (contoh: makanan ringanyang hanya membutuhkan waktu 3 menit untuk menyiapkannya),
Citrta. Gaya, prestise dan nilai emosional dari produk atau jasa tersebut,
Manfaat extra. Manfaat lain yang bukan bagian utama dari produk atau jasa tersebut.
(Contoh: tambahan buku tulis gratis dank upon potongan harga)
Tujuan sales-promotio
1.     Peningkatan uji coba dan pengulangan pembeli
2.     Peningkatan frekuendi dan kuantitas
3.     Menghitung penawaran-penawaran dari pesaing
4.     Membangun aC~Customer database dan peningkatan ingatan konsumen
5.     Cross-selling dan perluasan dari penggunaan dari suatu merk
6.     Memperkuat brand image dan memperkuat brand relationship
I.     Pengertian manajemen penjualan.
          Manajemen penjualan adalah tetang menciptakan lingkungan yang medukung supaya tenaga penjualan dapat berkembang dan memberikanyang terbaik.



              
BAB IV
Permasalahan
      Didalam suatu perusahaan pasti tidak akan pernah lepas dari masalah disini ada sebuah masalah yang perlu di pertanyakan mengenai perusahaan gagak hitam diantaranya:
·        Bagaimana peran manajer penjualan dalam perusahaan gagak hitam


Pembahasan
      Peran manajer penjualan, manajer penjualan bertanggung jawab menciptakan kinerja yang bagus dalam tim penjualan sayangnya manajer penjualan banyak menghabiskan waktu untuk mengola kinerja yang terbaik.
                                                       
                                                                                                                                                                  






Tidak ada komentar:

Posting Komentar